Kamis, 11 Maret 2010

Sekilas Tentang OGRE 3D

     Ogre 3D singkatnya dapat dissebut Ogre, singkatan dari Object-Oriented Graphics Rendering Engine. Merupakan engine untuk rendering grafikal yang Open Source. Dibuat oleh beberapa orang dari tim kecil dari sebuah komunitas. Tim tersebut meng-Claim bahwa Ogre adalah salah satu engine gratis (Open Source) terbaik yang ada saat ini. Para developernya : Steve ’sinbad’ Streeting, Brian ‘praetor’ Johnstone, Assaf Raman, Holger ‘CABAListic’ Frydrych, Dave ‘masterfalcon’ Rogers, Noam ‘Noman’ Gat, Nir Hasson dan beberapa anggota lain yang sudah keluar/pensiun dari tim tersebut.
Ogre ini dapat di-jalankan menggunakan beragam jenis hardware (support 3D) tentu dengan performa yang berbeda juga. Contohnya,

  • NVidia: Geforce2 atau lebih baru, Geforce 4(non-mx) (disarankan yang lebih baik)
  • ATI: Radeon 7500 or higher required, Radeon 9600 (disarankan yang lebih baik)
Library Graphic yang dapat bekerja dengan Ogre disarankan menggunakan minimal OpenGL versi 1.2.1 dan OpenGL ES 1.1. Dalam menjalankan Ogre harus memiliki dasar pemrograman yang pastinya dimiliki seorang Programer. Terutama pengetahuan dalam penggunaan Bahasa C++ akan memberikan kemudahan dalam penggunaan Engine Ogre. Sesuai tipe Ogre yang Object Oriented. Dalam penggunaanya Ogre harus menggunakan Language Binding. Beberapa diantaranya : Python-Ogre (Ogre Wrapper dengan Python), Ogre4j (Ogre Wrapper dengan Java), MOGRE (Ogre Wrapper untuk .NET – C# dab VB.NET.
Berdasar dari FAQ(Frequently Asked Question) dari Ogre 3D wiki, Ogre sebenarnya bukan Game Engine tetapi hanya merupakan Graphic Engine. Namun, Ogre 3D dapat dengan mudah disatukan dengan library lain untuk membuat game.
Library yang dibutuhkan agar kita dapat membuat game diantaranya : Sound, Networking, Input, Collision. Ogre tidak langsung dimuat dengan libarary tersebut. Meskipun Ogre memilki interface yang memudahkan pembuatan dan penggabungan dengan aplikasi yang sudah ada. Ogre tidak hanya terhenti dalam platform spesifik berdiri sendiri untuk pembuatan game.
Format file yang support dengan Ogre 3D : .bsp Quake bsp file, .shader Quake 3 shader file, .ttf True type font file, .png, .tga, .jpg, .raw, .gif, .dds (format grafis gambar), .cg Cg shader file, .asm Assembly shader file, .zip, .xml XML file, .xsd XML schema file (menunjukan beberapa file Ogre base-nya XML), .log Text output file used untuk debug dan memori.
Sejarah singkat Ogre 3D :
Tahun 1999
   Sinbad mulai merencanakan proyek library baru yang dapat
   menjadi API dan berdasar Platform.
25 Februari 2000
   Sourceforge project didaftarkan, OGRE menjadi namanya. 
Februari 2005
   Ogre v1.0.0 "Azathoth" Rilis Final - resource system overhaul, 
   hardware pixel buffers, HDR, CEGui, XSI exporter
Maret 2005
   Ogre mendapat penghargaan 'Project of the Month' di Sourceforge
4 November 2005
   Ankh di rilis dan menjadi proyek komersial pertama menggunakan
   Ogre
7 Mei 2006
   Ogre 1.2 "Dagon" rilis secara ofisial
25 Maret 2007
   Ogre 1.4 "Eihort" rilis secara ofisial
28 Agustus 2008 
   Ogre 1.6 "Shoggoth" rilis secara ofisial  (versi 1.6.5 Stable 
   Release)
21 Desember 2009
   Ogre 1.7 RC1 "Ctchugha" rilis secara ofisial (1.7.0 PreRelease)
28 February 2010
   Ogre 1.7 "Cthugha" rilis secara ofisial (1.7.0 Stable Release)


Sumber :

_willy.A

1 komentar: