Rabu, 14 April 2010

Game dan Seluk Beluknya

Game merupakan salah satu media interaksi antara sesama manusia atau/dan antara manusia dengan mesin dengan menggunakan perantara / alat mesin (console). 
Video game merupakan salah satu bentuk interaksi permainan antara manusia dengan perantara mesin. Game biasa dimainkan dengan manusia ataupun dengan computer/AI (Artificial Inteligent). Melalui game, kita dapat berinteraksi dengan banyak orang yang tekumpul dalam suatu “dunia” yang biasa di sebut dunia online atau lebih tepatnya Game Online.

Perkembangan Game

Awal dari Permainan Komputer
Diawali ketika para mahasiswa MIT mengadakan pertandingan permainan komputer grafis pertama kalinya di dunia yang bernama Spacewar pada tahun 1962 .

PLATO (Programing Logic for Automatic Teaching Operations)
Mungkin inilah komunitas permainan melalui network online pertama. Dua buah permainan populernya adalah Empire, sebuah permainan simulasi pesawat angkasa dan Airfight, yang mungkin mejadi cikal–bakal dari Microsoft Flight Simolator, bahkan ada versi Spacewar yang dibuat untuk PLATO.

Multi User Dungeons (MUD)
MUD sendiri sebenarnya adalah komunikasi online (online chat) yang memiliki elemen permainan dan struktur, dimana di dalamnya terdapat berbagai tempat untuk pemain berpergian dan berinteraksi layaknya permainan petualangan seperti puzzle, jebakan, spell, perekonomian sederhana, dan lainnya

Permainan Ketangkasan (Arcade)
Nolan Bushnell di tahun 1972 mendirikan Atari, sebuah perusahaan yang berdedikasi menciptakan permainan ketangkasan (video arcade games). Satu dari permainan awalnya adalah Pong.

Hosted Online Games
Di tahun 1980-an, ide pembuatan layanan berbayar untuk bermain (pay for play) pertama kali tercetus, dengan mulainya beberapa perusahaan permainan online yang menarik biaya bualanan untuk memainkannya. Walaupun permainan yang ditampilkan sangat sederhana dibanding permainan masa ini, akan tetapi biaya bermainnya cukup tinggi antara U$$5/jam hingga U$$22,5/jam.

Multiplayer Network Games
Pada awal hingga pertengahan 1990-an, perkembangan teknologi komputer meningkat drastis, sehingga membuatnya mampu menampilkan grafis dan suara lebih realistis

MMORPG Masa Kini
Permainan bergenre RPG dengan multiplayer yang benar–benar grafikal pertama kali sendiri adalah Neverwinter Nights yang bisa dimainkan online melalui American Online di tahun 1991. Sedangkan MMORPG sendiri menjadi populer setelah munculnya Ultima Online di tahun 1997.


referensi : 
sumber1 
sumber2


_willy.A 

1 komentar: