Senin, 27 Juni 2011

(Ringkasan Jurnal) e gov Menuju Sistem e Goverment Terpadu dan Handal Berbasis Cloud Computing

Dalam Jurnal “Menuju Sistem e-Goverment Terpadu dan Handal Berbasis Cloud Computing”, Eko Didik Widianto menjabarkan mengenai rancangan, aktor dan implementasi yang dapat terlibat dalam pengembangan e-Govermment.

Di jurnal ini dijelaskan mengenai :

" Sistem komputing cloud, sebuah sistem terdistribusi yang meletakkan aplikasi (yang dibahas mengenai aplikasi e-Goverment) di atas infrastruktur virtual berupa VM-VM (Virtual Machine). Infrastruktur virtual ini menyediakan pemetaan aplikasi-aplikasi ke sumber daya hardware fisik secara otonomous, dinamik dan skalabel (dilakukan oleh sistem manajer mesin virtual). "

Dijelaskan bahwa, Aplikasi-aplikasi cloud (e-government, e-Learning, e-Health) dijalankan di atas VM. Serta terdapat Tiga faktor yang berperan :
1) penyedia cloud yang mengelola infrastruktur,
2) pengguna cloud/penyedia aplikasi e-Government dan
3) pemakai/pengguna aplikasi.

Software opensource untuk komputing cloud ini ditujukan untuk membentuk cloud publik, privat dan hybrid bagi enterprise. Sistem cloud untuk e-Government ini unik, karena mempunyai tipe pegelaran sebagai cloud komunitas. Dalam cloud komunitas, ketiga aktor adalah anggota komunitas, baik pemilik sumber daya (provider cloud), pengguna cloud, maupun pengguna aplikasi.
Saudara Eko menjabarkan bahwa, Cloud komunitas ini berkembang untuk meniadakan kontrol vendor cloud dan ini seiring dengan arah riset Ekosistem Digital.

Keunggulan komputing cloud ini dapat dimanfaatkan untuk sistem e-Government sebagai platform dan framework layanan e-Government terpadu, handal dan berkesinambungan dalam implementasinya.
Platform sistem cloud dapat digunakan oleh aplikasi-aplikasi produktif dan kreatif yang lain seperti e-Business, e-Learning dan e-Health untuk menghasilkan solusi TIK yang efisien (utilitas sumber daya tinggi), handal (downtime rendah, integritas data tinggi, availability layanan) dan skalabel.

Dalam pengimplementasiannya, sistem e-Government berbasis komputing cloud ini dapat melibatkan 3 (tiga) pihak :
  1. Akademik, yaitu perguruan tinggi, lembaga penelitian dan pengembangan. (Institusi akademik dapat bersinergi dalam komunitas cloud e-Government melalui pengembangan model, optimasi performansi dan framework cloud untuk aplikasi lebih lanjut, misalnya e-Learning dan e-Health.)
  2. Pelanggan dan pemakai solusi, yaitu instansi pemerintah pusat/daerah, dinas. (Pemerintah memanfaatkan hasil-hasil penelitian untuk membangun dan memelihara sistem terpadu e-Government yang efisien dan efektif untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan dan memberikan layanan yang transparan dan memuaskan kepada masyarakat)
  3. Industri penyedia sumber daya dan pengembang aplikasi. (Pihak yang  menyewakan dan memelihara infrastruktur tersebut. Kebutuhan terhadap aplikasi yang semakin berkembang, akan memicu tumbuhnya pengembang-pengembang aplikasi cloud lokal.)
Ringkasan jurnal :  “Menuju Sistem e-Goverment Terpadu dan Handal Berbasis Cloud Computing” (Eko Didik Widianto.)

_wiLLy.A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar