Kamis, 18 Februari 2010

Wall - E, Film yang menggambarkan Interaksi Manusia dan Komputer di masa depan!



WALL - E (2008)
Sutradara : Andrew Stanton
Produksi : Disney - Pixar

Disini saya akan membahas sedikit review dan tanggapan saya mengenai film Wall-E. Baik dari segi cerita dalam kaitanya dengan Interaksi Manusia dan Komputer ( di masa depan tentunya. :D ) dan Animasinya.
Untuk awal saya akan sedikit memberikan review cerita. Keseluruhan film ini berawal dari kisah tentang Wall-E (Karakter animasi utama juga judul Film ini) merupakan satu Robot Pembersih yang ditugaskan mengumpulkan sampah yang telah menumpuk di Bumi. (Untuk informasi Wall-E merupakan singkatan dari Waste Allocation Load Lifter Earth-class.)
Ketika para manusia tidak bertanggung jawab dan telah menetap ke luar angkasa selama 700 Tahun
(berdasar cerita ketika Kapal Induk telah merayakan hari Jadi ke 700). Berarti si Wall-E ini telah bekerja seorang diri ( mungkin se-Robot Diri dalam kasus ini, hha. :p ) di Bumi sesuai dengan tugas yang telah di programkan di dalam 'Otak'-nya. Karena setelah sekian lama (yang saya tangkap dari Film) Wall-E jadi seperti memiliki perasaan karena telah lama berinteraksi dengan sampah yang ada di Bumi dan dia hanya memiliki satu teman Kecoak yang selalu bersamanya. hhe.
Sampai pertengahan awal cerita ada Robot (dari Projek lain - masih buatan manusia) yang mengunjungi Bumi. Memiliki nama (atau dalam hal ini Sandi Projek. hhe. )  Eve Extraterrestrial Vegetation Evaluator ). Ini adalah Robot dari projek yang di Programkan untuk mencari Kehidupan (Tumbuhan lebih spesifiknya) di Bumi. Yang merupakan Projek yang telah lama ditujukan agar jika terdapat Tumbuhan di Bumi, manusia yang ada di Kapal Induk ( Axiom namanya ) kembali ke Bumi. Berbeda dengan Wall-E, Robot Eve ini berteknologi canggih dan lebih terprogram dan kurang memiliki perasaan.
Mulai dari cerita Pertengahan inilah petualangan mereka dimulai, segala kegigihan Wall-E untuk meluluhkan Eve hingga sampai keadaan Eve tidak dapat berfungsi ( Seperti MalFunction ). Lalu dikirim kembali ke Axiom, mulailah digambarkan keadaan manusia di Kapal Tersebut. Sampai mereka Bertemu karakter lain seperti Robot Pembersih M-O, Polisi, Kapten Kapal dan Auto ( AIArtificial intelligence dari kapal Induk ).
Kapten dan Auto ini memiliki peran penting dari Alur Cerita Film. Untuk selanjutnya Tonton sendiri yah.. hhe. :P

Tanggapan dan interaksi manusia-komputer: 



Dari segi cerita, menurut penulis film ini bagus dalam arti memberikan penggambaran tentang kehidupan Bumi dan Manusia beserta Elemen lain jangka waktu kedepan, jikalau sampai saat itu manusia masih tidak bertanggung jawab kepada lingkungan. Jadi seperti memberikan pelajaran di awal. ( penggambaran sih tepatnya, hhe).
Animasi yang digunakan juga Halus dan memiliki desain - desain yang menarik serta memiliki deskripsi yang tegas dan jelas. ( Tiga Jempol dari Empat yang saya miliki deh.. hhe).
Dari segi Interaksi Manusia dan Komputer didapati hubungan antara penggunaan Komputer dengan Manusia tersebut. Secara jelas digambarkan dalam kurun waktu beberapa tahun yang akan datang Manusia dan Komputer telah hidup berdampingan, telah menyatu dan bersatu dengan sangat erat ( walau memberikan dampak negatif - manusia seperti di atur komputer dan mesin, yang mana harus kita cegah :D ).
Terlihat jelas telah adanya AI yang bersentuhan dengan manusia digambarkan oleh computer kapal induk yang membantu Kapten. Membantu segala kegiatan yang manusia lakukan - para Robot. Bahkan telah terdapatnya teknologi berkembang yang di gambarkan Film ini, yaitu Artificial Life (AI) yang merupakan pengembangan AI.
AL ini berbeda dengan AI yang masih sekedar membantu dan melaksanakan perintah manusia. AL ini digambarkan dapat menanggapi apa yang dilakukan dan diperintahkan manusia (Memiliki Pertimbangan) dalam mengambil keputusan apa yang baik dan tidak. Contoh AL dalam Film ini adalah Auto si penasihat Kapten yang membantu kegiatan sehari-hari Kapten Kapal dan memiliki tugas terselubung dan dia dapat menentuka tugasnya sendiri tanpa di suruh. Apa tugas terselubungnya? Makanya tonton kalo belom tau. hhi. :D

refrensi :
dan ingatan saya dalam menonton. hhe.



_willy.A

1 komentar:

  1. waw kk waw.reviewnya keren :D
    tulisan tentang IMK nya banyak yah ..punya gw dikit ><

    BalasHapus